Home » Journey » Tips buat yang mau nge-trip

Dalam melakukan trip ada beberapa hal yang harus kita persiapkan. Ini belum tentu benar karena hanya persepsi saya saja. Jadi ambil sisi positifnya saja (kok jadi resmi ya!!!)

Teman

Saat melakukan trip, saya kira teman adalah suatu keperluan yang cukup krusial. Memang single trip itu mengasyikkan, bisa bebas kemana saja. Dan memang saat ke beberapa tempat melakukan single trip, single trip benar-benar membantu sekali, karena kita tidak perlu tergantung terhadap lain, belum lagi kalau kita trip bersama teman yang memilikiΒ  misi dan visi trip yang berbeda, saya sarankan single trip saja

Apakah single trip enak? Enak, tapi lebih asyik lagi jika ada teman. Dengan catatan teman yang kamu ajak mempunyai visi dan misi yang sama dalam sebuah trip. Dan yang paling asyik jika dia tipe orang yesman dan suka hal-hal yang baru, itu benar-benar karunia banget. Jika kamu ngetrip ke tempat yang baru, mending gak usah bahwa banyak teman, kalau saya sih lebih suka nge-trip ber-2 saja, maksimal ya 4 orang lah. Jika membawa cewek usahakan prosentase cowok dan cewek 2 : 1. Bukan apa-apa, meskipun cewek itu bisa menjaga diri, tapi kita masih sebagai cowok punya kewajiban dong untuk bertanggung jawab terhadap personil cewek

Tiket

Untuk tiket, mending sediakan jauh-jauh hari, jika kamu yang mengkoordinasi, pastikan anggota tripmu segera membayar.Β  Ada tips menarik jika trip ke luar negeri dengan mengejar promo air asia, pada saat tertentu air asia memberikan promo yang murah banget.

  1. Catat sebelumnya biodata lengkap personil trip, sehingga tidak memakan waktu saat mengisi biodata
  2. Pastikan semua personil trip sudah berkomitmen sebelumnya, mereka pasti ikut trip ke optional-optional tempat yang telah disetujui. Sehingga saat menentukan destination gak mbulet sak karepe dewe (Tidak membingungkan)
  3. Tidak harus punya pasport terlebih dahulu, bisa nebeng pasportnya temen, jadi yang pasti beli tiket dulu ya πŸ˜€

Tas kecil

Tas kecil ini cukup berguna untuk meletakkan pasport, HP, dompet dan hal-hal yang dianggap penting. Supaya gak ribet saat mau check-in di immigration ataupun mau belanja.

Peralatan Mandi

My Collection :p

Untuk peralatan mandi ini untuk backpacker, saya punya tips menarik. Pernah stay di hotel dong? Saat stay di hotel, kan ada sampo ma sabun botolan yang sisa? Itu jangan dibuang atau ditinggal di hotel. Karena saat trip kita membutuhkan itu, coz cukup merepotkan jika kita harus membawa peralatan sehari-hari, jadi mending sampo dan sabun hotel itu yang dibawa, karena bisa digunakan sekali pakai, jika sudah selesai buang, jikalau ketinggalan, gak akan kepikiran.

Travel Guide

Jika kamu baru pertama kali di tempat wisata tersebutΒ  dan kamu adalah orang asing, ada baiknya gunakan travel guide πŸ™‚ jika dihitung-hitung biayanya bisa lebih murah tentunya jangan lupa untuk menawar harga. Dan gak ada gunanya jika gunakan travel guide kalo tujuan ke tempat itu hanya untuk shopping, misal HK dan SG.

Makanan

Untuk hal ini, pada beberapa trip saya sering tidak memakan bekal yang saya bawa karena niat awalnya memang kuliner. Meskipun begitu, ada baiknya kita tetap membawa bekal untuk jaga-jaga. Karena saya tidak suka roti kering, biasanya yang saya bahwa hanya roti tawar dan susu cair (yang bukan kalengan)

Uang

Duit

Yup, ini sangat perlu, jangan pernah tidak membawa uang kecuali memang kamu ada niatan bener-bener kere. untuk di dalam negeri cukup menggunakan rupiah, untuk trip di luar usahakan membawa uang USD dengan pertimbangan nilai tukarnya relatif stabil, dan perlu diperhatikan di beberapa money changer tidak menerima rupiah

Googling tempat wisata tersebut

Untuk hal ini tidak perlu saya jelaskan, sudah pada pinter semua J

Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookShare on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

10 Replies to “Tips buat yang mau nge-trip”

  1. Assalamu’alaikum,

    tambahan, if you dont mind kang:
    – peralatan ibadah (sholat)
    – mempelajari sunnah ibadah (sholat) jika dalam keadaan musafir.
    – memperhatikan waktu sholat jika mengadakan perjalanan yang mengalami perbedaan waktu.
    – googling dan cari gambaran “bagaimana nanti sholatnya?” (tempat bersuci, tempat ibadahnya) -> terlebih jika melakukan wisata alam..

    singkat cerita, pesan para orang tua dulu: “ojo lali sholate” n_n

    dan yang terakhir:
    – Siapkan satu tas, untuk diisi oleh2 nantinya.. n_n

    1. hattabagus says:

      Wss wr wb,
      Benar mas, tetapi karena ini general utk semua kalangan maka tidak saya masukkan.
      Syukur alhamdulillah mas, saat trip saya ditemani oleh orang yang sangat “taat” beribadah. Jadi ada yg selalu mengingatkan manusia “dableg” ini
      Jadi ingat di film My name’s Khan, sholat tidak mengenal keadaan, apapun yang terjadi sholat
      Ada kejadian menarik mas, saya pernah terpaksa sholat di lorong masuk bioskop karena di tmpt trsebut tidak ada musholah (dilihatin orang2 tp karena gelap, wajahnya ga kelihatan πŸ˜€ ) dan pernah jg sholat di puncak pegunungan, di pantai, di perahu. Semua terasa semakin dekat, menyejukkan.

  2. bonek gebang says:

    sing pasti ojok ngomong ayo-ayo tok tapi gak budal-budal…..ahahahhaha

    1. hattabagus says:

      i will, klo orang gebang mungkin ayooo tok πŸ˜€

  3. Nadya says:

    kayaknya ini based on pengalaman KL – Langkawi kemaren ya ta…hihihi… nice share ta ^_^

    1. hattabagus says:

      salah satunya πŸ™‚
      Hebat jg mbak dita n mbak sandra bisa koordinir begitu bnyak orang πŸ™‚

  4. che says:

    Hat, itu peralatan mandinya banyak beuudd…. πŸ˜†
    *salahfokus*

    1. hattabagus says:

      Ya ga dipake sekali japan cek, itu “koleksi”

  5. noval says:

    travelling dengan orang-orang baru bagus juga loh, nambah banyak kenalan, nambah wawasan juga.

    nambahin Hat :d.
    – perhatikan berapa hari ngetripnya, jangan sampai kehabisan baju bersih, kalau ada laundry sih ga masalah bawa baju dikit trus laundry, atau berangkat pake baju yang jelek2, habis pakai buang dan beli baru lagi hehehe (pengalaman temen)

    – jangan sampai saltum, wisata ke gunung atau pantai yang pakai tracking lewat medan-medan yg lumayan berat tp cmn sedia sneakers dan sendal jepit. Saran: bawa sendal gunung aja kemana-mana.

    – kalau backpacking ke luar, perhatikan peralatan mandi/kosmetik yg dibawa, karena kebanyakan maskapai tidak membolehkan membawa lebih dari 100ml cairan di dalam kabin, harus masuk bagasi.

    – sedia kantong kresek secukupnya πŸ™‚

    *masih belum kesampaian ngetrip sendirian*

    1. hattabagus says:

      iya mas asyik bngt, saya pernah nge-trip dengan semua orang2ny yg belum saya temui sebelumnya

      klo baju bersih saya bawa seckupnya mas klo kurang mending beli di tkp, itung2 buat oleh2 diri sendiri πŸ˜€

      utk peralatan mandi gunakan aja mas peralatan mandi hotel πŸ™‚ masih memenuhi quota kuok πŸ™‚

      ngetrip sendirian?? He” sensasinya mantab πŸ™‚ perlu dicoba mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 3,697 other subscribers